RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BKP/KKP (RPL)
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BKP/KKP
(RPL)
Nama Sekolah : MTs N 2 Medan
Kelas / Semester : VII / Genap
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Hari / Tempat Pelaksanaan : Senin / Ruang BK
Bidang Bimbingan : Sosial
Sasaran (Anggota) : 8 Orang Siswa / I
Pertemuan : Pertama
Rumusan Kompetensi : Pergaulan Remaja
Tujuan/Harapan/Indikator :
a. Menjadi Akrab satu sama lainnya
b. Bertennggang Rasa / menghargai Orang Lain
c. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan teman baru
Karakter yang dikembangkan : Saling menghargai dan menyayangi satu sama lainnya
Topik yang dibahas : Pergaulan Remaja
Sumber : Buku dan Modul BK
Media : Infokus, Papan Tulis, Spidol
Tahap – Tahap Serta Proses Pelaksanaan
A. Tahap Pembentukan
Pengenalan, Pelibatan diri/ Memasukan diri dalam kelompok
PK memperkenalkan diri srta memberi kesempatan kepada para Anggota kelompok untuk memperkenalkan dirinya masing-masing. Menanyakan Kabar, Kesiapan dan membentuk keakraban melalui Dinamika kelompok.
Pemimpin memulai dengan salam dan memimpin Do’a
Pemimpin kelompok mengucapkan salam semangat dan memimpin do’a agar kegiatan berjalan dengan lancar, selain PK boleh melibatkan Anggota kelompok sebagai pemimpin do’a.
PK menjelaskan Pengertian BKP/KKP
Bimbingan dan konseling kelompok adalah salah satu layanan yang ada dalam binmbingan dan konseling. Jika BKP bertujuan hanya sebagai layanan yang berfungsi menambah wawasan, Ilmu baru, dan Informasi baru, serta melatih berbicara aktif, lain halnya dengan konseling kelompok. Konseling kelompok adalah salah satu layanan BK yang berfungsi untuk membahas topik-topik terkini yang sedang hangat dibicarakan sekaligus pengentasannya.
Dalam proses BKP/KKP Setiap Anggota Diwajibkan berperan aktif dan mampu menciptakan dinamika kelompok tersebut. Layanan ini akan efektif Apabila dilakukan Oleh 8-10 Anggota Kelompok.
PK Menjelaskan Tujuan BKP/KKP
Tujuan Bimbingan dan Konseling Kelompok adalah :
• Membuat anggota kelompok mampu berbicara didepan orang banyak
• Membuat anggota kelompok mampu mengeluarkan pendapat, ide, saran, dll kepada orang banyak
• Belajar menghargai orang lain
• Mampu mengendalikan diri dari menahan emosi
• Dapat bertenggang rasa
• Menambah wawasan, pengetahuan, dan teman baru
Menjelaskan Cara pelaksanaan dan Asas – asas BK
Cara-cara Pelaksanaan
a. Masing-masing peserta diminta secara suka rela dan bebas berbicara, bertanya, mengeluarkan pendapat, ide, Sikap, Saran, Serta Perasaan yang dirasakannya pada saat itu.
b. Mendengarkan dengan baik bila peserta lainnya sedang berbicara
c. Mengikuti aturan yang telah disepakati pleh anggota kelompok
Asas- Asas Yang perlu dilaksanakan
1. Asas Kerahasiaan => Semua yang hadir harus saling berjanjiakan menyimpan dan merahasiakan apa saja data dan informasi yang didengar dan dibicarakan dalam kelompok, terutama hal-hal yang bersifat pribadi
2. Asas Keterbukaan => Semua peserta dan PK bebas dan terbuka untuk mengeluarkan pendapat, ide, saran dan apa saja yang dirasakannya dan difikirkannya.
3. Asas Kesukarelaan => Semua peserta dapat menampilkan dirinya sendiri secara spontan tanpa disuruh-suruh/ malu-malu serta dipaksa
4. Asas Kenormatifan=> Semua peserta wajib menghargai satu sama lainnya baik ketika ada yang mengemukakan pendapat maupun memberikan pertanyaan, saling menjaga etika dan nama baik.
B. Tahap Peralihan (Pembangun Jembatan Antara Tahap Pertama & Ketiga)
Menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya
Menawarkan atau mengamati Apakah para anggota sudah siap menjalani kegiatan pada tahap selanjutnya (Tahap ketiga)
Membahas suasana yang terjadi
Meningkatkan kemampuan keikutsertaan Anggota
Dalam tahap inipemimpin kelompok bertugas membawa peserta melewati tahap peralihan yang dikenal dengan tahap yang mencekap dan menegangkan pemimpin kelompok membawa peserta untuk memikirkan dalam waktu kurang lebih 1-2 Menit apa yang dirasakannya pada saat ini dsb.
C. Tahap Kegiatan ( Kegiatan Pencapaian Tujuan)
Seluruh anggota berperan Aktif
Membahas suatu masalah yang telah disepakati
Membahas masalah secara lebih mendalam
Tahap ini merupakan tahap yang sebenarnay dari BKP/KKP. Dalam tahap ini seluruh peserta berperan aktif dan terbuka mengemukakan apa yang dirasakan, difikirkan, dan apa yang dialaminya yaitu mengemukakan sebuah masalah pribadi yang sedang dialami atau disertainya.
Selanjutnya pada tahap ini yang dibahas satu masalah, yaitu masalah yang muncul pada saat itu, baik dari Pk atau masing-masing anggota kelompok seluruh peserta sepakat untuk membahas masalah yang muncul saat itu secara lebih luas, mendalam dan menyeluruh.
D. Tahap Pengakhiran (Penilaian dan Tindak Lanjut)
Semua anggota Kelompok tertuju pada hasil yang dicapai
PK meminta anggota untuk menyimpulkan hasil yang dicapai
PK menanyakan kesan dan Pesan pada anggota yang telah bersedia mengikuti kegiatan BKP/KKP
PK Mengucapkan terimakasih pada seluruh anggota yang telah bersedia mengikuti BKP/KKP
Pertemuan diakhiri dengan Do’a
Dan menyanyikan lagu Sayonara Sambil Bersalaman
Pada kegiatan ini perhatian semua anggota kelompok pada hasil yang dicapai dalam pembahasan masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok. Untuk itu pemimpin kelompok meminta beberapa orang dari anggota kelompok menyimpulkan hasil yang diperoleh dalam kegiatan kelompok hari itu, juga kesan dan pesan masing-masing dari anggota kelompok.
Mengingat waktu yang tidak memungkinkan lagi untuk dilanjut, maka pertemuan kali ini dengan do’a dan setelah itu bersama-sama menyanyikan lagu sayonara dengan penuh kegembiraan sambil bersalaman.
Hasil
Hasil nyata yang diperoleh dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Kelompok ini diantaranya ialah siswa semakin Akrab satu sama lain dan berusaha menjadi makhluk sosial yang “Agent og Change” lebih mudah menghargai dan saling menyayangi.
Tindak Lanjut
Pemimpin Kelompok memberikan Konseling Perorangan, Yaitu kepada siswa-siswa yang masalah – masalahnya belum dipecahkan dalam kelompok.
Mengetahui Medan, 2016
Kepala Sekolah Guru BK
Drs. Musiao, MA Hj. ErSari, S.Pd
Nip: 199612811999031015 Nip: 196593042003122001
(RPL)
Nama Sekolah : MTs N 2 Medan
Kelas / Semester : VII / Genap
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit
Hari / Tempat Pelaksanaan : Senin / Ruang BK
Bidang Bimbingan : Sosial
Sasaran (Anggota) : 8 Orang Siswa / I
Pertemuan : Pertama
Rumusan Kompetensi : Pergaulan Remaja
Tujuan/Harapan/Indikator :
a. Menjadi Akrab satu sama lainnya
b. Bertennggang Rasa / menghargai Orang Lain
c. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan teman baru
Karakter yang dikembangkan : Saling menghargai dan menyayangi satu sama lainnya
Topik yang dibahas : Pergaulan Remaja
Sumber : Buku dan Modul BK
Media : Infokus, Papan Tulis, Spidol
Tahap – Tahap Serta Proses Pelaksanaan
A. Tahap Pembentukan
Pengenalan, Pelibatan diri/ Memasukan diri dalam kelompok
PK memperkenalkan diri srta memberi kesempatan kepada para Anggota kelompok untuk memperkenalkan dirinya masing-masing. Menanyakan Kabar, Kesiapan dan membentuk keakraban melalui Dinamika kelompok.
Pemimpin memulai dengan salam dan memimpin Do’a
Pemimpin kelompok mengucapkan salam semangat dan memimpin do’a agar kegiatan berjalan dengan lancar, selain PK boleh melibatkan Anggota kelompok sebagai pemimpin do’a.
PK menjelaskan Pengertian BKP/KKP
Bimbingan dan konseling kelompok adalah salah satu layanan yang ada dalam binmbingan dan konseling. Jika BKP bertujuan hanya sebagai layanan yang berfungsi menambah wawasan, Ilmu baru, dan Informasi baru, serta melatih berbicara aktif, lain halnya dengan konseling kelompok. Konseling kelompok adalah salah satu layanan BK yang berfungsi untuk membahas topik-topik terkini yang sedang hangat dibicarakan sekaligus pengentasannya.
Dalam proses BKP/KKP Setiap Anggota Diwajibkan berperan aktif dan mampu menciptakan dinamika kelompok tersebut. Layanan ini akan efektif Apabila dilakukan Oleh 8-10 Anggota Kelompok.
PK Menjelaskan Tujuan BKP/KKP
Tujuan Bimbingan dan Konseling Kelompok adalah :
• Membuat anggota kelompok mampu berbicara didepan orang banyak
• Membuat anggota kelompok mampu mengeluarkan pendapat, ide, saran, dll kepada orang banyak
• Belajar menghargai orang lain
• Mampu mengendalikan diri dari menahan emosi
• Dapat bertenggang rasa
• Menambah wawasan, pengetahuan, dan teman baru
Menjelaskan Cara pelaksanaan dan Asas – asas BK
Cara-cara Pelaksanaan
a. Masing-masing peserta diminta secara suka rela dan bebas berbicara, bertanya, mengeluarkan pendapat, ide, Sikap, Saran, Serta Perasaan yang dirasakannya pada saat itu.
b. Mendengarkan dengan baik bila peserta lainnya sedang berbicara
c. Mengikuti aturan yang telah disepakati pleh anggota kelompok
Asas- Asas Yang perlu dilaksanakan
1. Asas Kerahasiaan => Semua yang hadir harus saling berjanjiakan menyimpan dan merahasiakan apa saja data dan informasi yang didengar dan dibicarakan dalam kelompok, terutama hal-hal yang bersifat pribadi
2. Asas Keterbukaan => Semua peserta dan PK bebas dan terbuka untuk mengeluarkan pendapat, ide, saran dan apa saja yang dirasakannya dan difikirkannya.
3. Asas Kesukarelaan => Semua peserta dapat menampilkan dirinya sendiri secara spontan tanpa disuruh-suruh/ malu-malu serta dipaksa
4. Asas Kenormatifan=> Semua peserta wajib menghargai satu sama lainnya baik ketika ada yang mengemukakan pendapat maupun memberikan pertanyaan, saling menjaga etika dan nama baik.
B. Tahap Peralihan (Pembangun Jembatan Antara Tahap Pertama & Ketiga)
Menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya
Menawarkan atau mengamati Apakah para anggota sudah siap menjalani kegiatan pada tahap selanjutnya (Tahap ketiga)
Membahas suasana yang terjadi
Meningkatkan kemampuan keikutsertaan Anggota
Dalam tahap inipemimpin kelompok bertugas membawa peserta melewati tahap peralihan yang dikenal dengan tahap yang mencekap dan menegangkan pemimpin kelompok membawa peserta untuk memikirkan dalam waktu kurang lebih 1-2 Menit apa yang dirasakannya pada saat ini dsb.
C. Tahap Kegiatan ( Kegiatan Pencapaian Tujuan)
Seluruh anggota berperan Aktif
Membahas suatu masalah yang telah disepakati
Membahas masalah secara lebih mendalam
Tahap ini merupakan tahap yang sebenarnay dari BKP/KKP. Dalam tahap ini seluruh peserta berperan aktif dan terbuka mengemukakan apa yang dirasakan, difikirkan, dan apa yang dialaminya yaitu mengemukakan sebuah masalah pribadi yang sedang dialami atau disertainya.
Selanjutnya pada tahap ini yang dibahas satu masalah, yaitu masalah yang muncul pada saat itu, baik dari Pk atau masing-masing anggota kelompok seluruh peserta sepakat untuk membahas masalah yang muncul saat itu secara lebih luas, mendalam dan menyeluruh.
D. Tahap Pengakhiran (Penilaian dan Tindak Lanjut)
Semua anggota Kelompok tertuju pada hasil yang dicapai
PK meminta anggota untuk menyimpulkan hasil yang dicapai
PK menanyakan kesan dan Pesan pada anggota yang telah bersedia mengikuti kegiatan BKP/KKP
PK Mengucapkan terimakasih pada seluruh anggota yang telah bersedia mengikuti BKP/KKP
Pertemuan diakhiri dengan Do’a
Dan menyanyikan lagu Sayonara Sambil Bersalaman
Pada kegiatan ini perhatian semua anggota kelompok pada hasil yang dicapai dalam pembahasan masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok. Untuk itu pemimpin kelompok meminta beberapa orang dari anggota kelompok menyimpulkan hasil yang diperoleh dalam kegiatan kelompok hari itu, juga kesan dan pesan masing-masing dari anggota kelompok.
Mengingat waktu yang tidak memungkinkan lagi untuk dilanjut, maka pertemuan kali ini dengan do’a dan setelah itu bersama-sama menyanyikan lagu sayonara dengan penuh kegembiraan sambil bersalaman.
Hasil
Hasil nyata yang diperoleh dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Kelompok ini diantaranya ialah siswa semakin Akrab satu sama lain dan berusaha menjadi makhluk sosial yang “Agent og Change” lebih mudah menghargai dan saling menyayangi.
Tindak Lanjut
Pemimpin Kelompok memberikan Konseling Perorangan, Yaitu kepada siswa-siswa yang masalah – masalahnya belum dipecahkan dalam kelompok.
Mengetahui Medan, 2016
Kepala Sekolah Guru BK
Drs. Musiao, MA Hj. ErSari, S.Pd
Nip: 199612811999031015 Nip: 196593042003122001
Komentar
Posting Komentar