Kehidupan Imam As-Suyuthi hampir sama dengan kehidupan Rasulullah Saw yakni dimasa berumur enam tahun Ia sudah dalam keadaan yatim tidak sempat berguru kepada ayahandanya. Namun demikian semangat untuk belajar mengajar dan menulis selalu di tekuninya, di usia tujuh belas tahun beliau telah diberi wewenang Oleh guru-gurunya mengajarkan Ilmu sastra Arab, pada usia dua puluh tujuh tahun telah diberi wewenang mengajarkan hukum agama dan memberikan fatwa. Sehingga terkenal dan dinobatkan sebagai maha Guru pada sekolah Ibnu Thulus, As - Syaikhuniyah dan Al-Bibrisiyah.
Disamping sebagai pengajar Ia juga terkenal dengan penulis yang produktif Hampir untuk setiap ilmu yang dipelajarinya selalu dia membukukannya. Salah satu buku yang ditulisnya adalah kitab Al-Asybah wan Nadhair (yang serupa dan yang sebanding (sepadan) yang merupakan penyempurnaan dari Al-asybah wan Nadhairkarangan As-Subki, dalam kitab ini terdapat beberapa qaidah Fiqh, semua permasalahan Fiqh kembali kepada qaedah tersebut. Kitab ini menjadi pegangan sebagian ulama di Indonesiatidak terkecuali Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan khususnya Prodi Hukum Islam pada mata kuliah Studi Naskah Qawaid Fiqiyah
Kelebihan yang dimiliki oleh As-Suyuthi tidak hanya dibidang kemampuan mengajar dan menulis namun ketaatan dan kesalihannya pun hampir tidak ada tandingan dimasanya, oleh karena itu sebagai motivasi sangat layak pada makalah yang singkat ini penulis menguraikan tentang biografi As-Suyuthi yang meliputi tentang Silsilah dan perjalanan Intelektualnya, kemampuannya dalam penulisan karya Ilmiyah dan yang terakhir penilaian Ulama terhadap Ilmu dan keshalihan yang dimilikinya.
B. Silsilah dan Perjalanan Intelektual Imam As-Suyuthi
Nama lengkapnya adalah Abdurrahman bin Kamaluddin Abi Bakr Bin Muhammad bin Sabiquddin, Jalaluddin al- misri as-Suyuthi as-Syafi’I. Lahir pada tahun 849 H / 1445 M di Asyuth Mesir dan wafat pada tahun 911 H / 1505 M, bermazhab Syafi’I
Untuk memuaskan dahaganya akan Ilmu pengetahuan maka selain dikampungnya (Asyuth Mesir) Ia juga menuntut Ilmu kenegeri yang lain diantaranya Syam, Hijaz, Yaman, India, Magribi. Dalam satu riwayat beliau pernah berguru lebih dari 150 orang guru diantara guru-gurunya adalah Syaikh Syihabuddin As Syarmasahi, Syaikhul Islam ‘Alamuddin Al-Bulqini, Putra Al-Bulqini, Syaikhul Islam Syarafuddin Al-Manawi, Taqiyuddin As Syibli, Muhyiddin al-kafiji, Syaikh saifuddin Al-Hanafi.
Bidang keilmuan yang beliau kuasai adalah sangat luas. Untuk memperoleh sedikit gambaran, baiklah dikutip disini apa yang beliau tulis dalam buku beliau yang bernama Husnul Muhaadlarah : “ Pada waktu aku menunaikan Haji aku minum air zam-zam seraya berdoa memohon beberapa hal, antara lain dalam Ilmu fiqih dapatlah kiranya aku sampai kemartabat guruku Syaikh Sirajuddin Al-Bulqini, dalam Ilmu hadis kemartabat Al-Hafidh Ibnu hajar dan aku memohon dapat menguasai tujuh Ilmu yaitu: Tafsir, Hadis, Fiqh, Nahwu, Ma’ani, Bayan dan Badi’ menurut cara orang Arab yang baliqh, bukan menurut cara orang Ajam dan ahli-ahli Filsafat. Dan yang aku yakini adalah bahwa apa yang telah aku capai sekarang dalam ilmu-ilmu itu selain Fiqh dan naqal yang telah aku pelajari, tidak seorangpun dari guru-guruku – apabila orang yang kurang dari mereka yang telah mencapainya. Adapun dalam ilmu Fiqh aku tidak mengatakan demikian, bahkan guruku Syaikhul Islam ‘Alamuddin Al-bulqini dan Syaikhul Islam Syarafuddin al-Manawi lebih luas pandangannya dan lebih kaya perbendaharaannya dalam ilmu Fiqh itu. Dan kurang dari ketujuh Ilmu itu aku mengetahui ilmu Usul Fiqh dan Ilmu jadal, kurang dari itu aku mengerti Insya’, Tarasul dan faraid, kurang dari itu ilmu Qiraa-at dan kurang dari itu Ilmu pengobatan. Adapun Ilmu Hitung adalah ilmu yang paling sulit bagi Ku, kalau aku mengerjakan satu soal dalam ilmu Hitung itu maka rasanya seperti aku memikul sebuah gunung…..Pada permulaan menurut ilmu pernah aku mempelajari logika, lalu Allah menumbuhkan rasa tidak senang dalam hatiku kepadanya, dan setelah aku dengar Ibnus Shalah mengharamkannya maka akupun meninggalkannya, kemudian Allah memberikan kepadaku ganti Ilmu Hadis yang merupakan semulia – mulia ilmu”.
C. As - Suyuthi Penulis Produktif
Pada usia 40 tahun Ia mengundurkan diri dari masyarakat ramai untuk memamfa’atkan seluruh perhatiannya untuk studi dan menulis. Hasil kerja keras beliau itu adalah berupa buku – buku tebal yang terdiri dari beberapa jilid sampai buku-buku yang lebih kecil yang seluruhnya kurang lebih berjumlah 600 (enam Ratus) judul.
Hampir untuk setiap ilmu yang dipelajarinya selalu dia membukukannya. Salah satu buku yang ditulisnya adalah kitab Al-Asybah wan Nadhair (yang serupa dan yang sebanding (sepadan) yang merupakan penyempurnaan dari Al-asybah wan Nadhair karangan As-subki, dalam kitab ini telah termuat sebagian besar dari qaidah-qaidah Fiqh, dan kitab ini pula yang menjadi pegangan sebagian besar ulama di Indonesia tidak terkecuali Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan khususnya Prodi Hukum Islam pada mata kuliah Studi Naskah Qawaid Fiqiyah yang diasul oleh Bapak Amiur. Untuk sekedar gambaran betapa produktif beliau dalam menulis, dapatlah dilihat dari daftar sebagian buku-buku yang beliau tulis dalam berbagai ilmu seperti tercantum dibawah ini:
C. 1. Dalam Ilmu Tafsir dan Qiraa-at
Al- Itqan fi Ulumil Qur’an
Addurrul Mantsur fit Tafsiril Ma-tsur
Tarjumaanul Qur’an fit- tafsiiril Musnad.
Asraarut Tanzil, dan dinamai Qatfu Azhar fi Kasyfi asraar.
Lubaabun Nuquul fi As-baabin Nuzul
Mufhamaatul Aqraan fi Mubhaamatil Qur’an.
al-muhazzab fima Waqa’a fil Qur’an minal Mu’arrab.
Al-Iklil fistinbaatit Tanzil
Takmilatu Tafsiiris Syaikh Jalaaluddin Al-Mahally (Akhir tafsir Jalalain)
At-tabhir fi Ulumit Tafsiir.
Hasyiah ‘ala Tafsiril Baidhawi.
Tanaasuqud Durar fi Ta-naasubis Suar.
Maraashidul Mathali’ fi Tanaasubil Maqaathi’i wal Mathaali’i.
Majma’ul Bahrain wa Matha’ul Badrain fit Tafsir
Mafaatihu ghaib Tafsir.
Al-Azharul Fa- ihah alal Fatihah.
Syarhul Istiaadzah wal Basmallah
Syarhus Syaathibiyah
Al- Alfiyah fil Qiraa-atil ‘Asyar.
Khama-iluz Zahar fi Fa-dlaa-ilis suar.
Fathul Jalil lil ‘Abdiz Dzalil
Al-Qaulul Fashih fi Ta’yiniz Dhabih
Al-Yadul Busthaa fis Shalaatil Wushta
Mu’tarakul Aqraan Musytarakil Qur-an. Dan
C. 2. Dalam ilmu Hadis
Kasyful Mughattan fi Syarhil Muwattha.
Is’aaful Mubthaa bi Rijaa lil Muwattha
At- tausyih alal Jaami’is Shahih.
Ad- Daubaj ala Shahihi Muslim bin Hajjaj.
Mirqaatus Shu’ud ila Sunani Abi Daawud.
Syarhu Sunan Ibni Maajah.
Tadribur Rawi fi Syarhi Taqribin Nawawi.
Syarah Al-fiyah Al-Iraqi.
Al-Alfiyah fi Mushthalahil Hadis : Nadh-mud durar fi Ilmi Atsar
Qathrud Durar fi Syarhil Al-fiyah.
At- Tahdzib fiz Zawaa-idi alat Taqrib.
‘Ainul Ishaabah fi Ma’rifatis Shahaabah
Kasyfut Talbis ‘an Qalbi Ahlit Tadlis.
Taudlihul Mudrak fi Tash-hihil Mustadrak.
Al- La-aalil Mashnu’ah fil Ahaadisil Maudhu’ah.
An- Nukatul Badii’aat alal Maudlu’at.
Ad Dalil ‘alal Qaulil Musnad.
Al-Qaulul Hasan Fi Dzabbi ‘anis Sunan.
Lubbul Lubab fi Tahriril Anshab.
Taqribul Gharib.
Al-madraj ilal Mudraj.
Tadzkitatul Mu-tasi biman Hadatsa wa Nasiy.
Tuhfatun Nabih bi Talkhishil Mutasyabih.
Arraudhul Mukallal Wal Wardul Mu’allah fil Mushthalah.
Muntahal Aamal fi Syarhi hadisi Innamal A’maal.
Al-Mu’jizaaat wal khashaa-is An nabawiyah.
Syarhus Shuduur bi Syarhi Ahwaalil Mautaa fil Qubuur,
Al-Buduurus Saafirah ‘an Umuuril Akhirah.
Maa Rawaahul waa’un fi Akhbaarit Thaa’un.
Fadl-lu Mautil Aulaad
Khshaa-ishi Yaumil jum-ah
Minhaajus Sunnah wa Miftahul Jannah.
Tamhiidul Farsy Fil khishaali Mujibah li dhillil ‘Arsy
Buzuughul Hilal Fil khishaali Mujibah li dhilaali.
Miftahul jannah fil ‘Itishaam bis Sunnah.
Mathla’ul badrain fi man yu’taa Ajrain.
Sihaamul Ishaabah fid Da’waatil Mujabah.
Al-kalimut thaib wal Qaulul mukhtar fil-Ma’stuuri minad Da’waati.
Adzkarul adzkaar.
At-thibb An-nabawi.
Kasyfus shalshalah ‘an washfiz Zzlzalah.
Al Fawaa-idul Kaaminah fi Imaanis Saidah Aminah.
Al-Musalsalatul Kubra.
Jiyaadul musalsalah.
Abwaabus Sa’aadah fi As- baabis Syahaadah.
Akhbaarul malaa-ikah.
As-Tsughuurul Baasimah fi Manaaqibis Sayidah Aminah.
Manaahijus Shafaa fi tahriiji Ahaadisis Syifa.
Al-Asaas fi Manaaqibi Banil Abbas.
Durrus Sahaabah fi Man Dakhala Mishra minas Shahaabah.
Zawaa-idu Syu’abil Iman lil Baihaqi.
Lammul Athraaf wa Dlammul Atraaf.
Ithraaful asyraaf bil Isy-raaf alal Athraaf.
Jaami’ul Masaanid.
Al-Fawaa-idul Mutakaatsi-rah fil Akhbaaril Mutawaatirah.
Al-Azhaarul mutanaatsirah fil Akhbaaril Mutawaatirah.
Takhriju Ahaadisid Durratil Faakhirah.
Tajribatul ‘Inayah fi Takhriji Ahaadisil Musytahirah.
Al-Hashru wal Isya’ahli-Asyraathis Saa’ah.
Ad Duratul Muntatsirah fil Ahaadisil Musytahirah.
Zawaa-idur Rijaal ‘ala Tahzibil kamal.
Ad- Duratul Munaddham fil ismil Mu’addham.
Juz fis shalah ‘alan nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Man ‘Asya minas shahaabah Mi-ah wa ‘Isyrin sanah.
Juz min Asma-il Mudal-lisin.
Al- Luma’ fi Asmaa-I man Wadla’.
Al-arba’un Al-Mutabaayinah.
Durarul Bihaar fil Ahaadisil Qishar.
Arriyadlul Aniqah fi syarhi Asmaa-I khairil khalqah.
Al-Mirqatul ‘Aliyah fi Syarhil Asmaa-in Nabawiyah.
Al-Ayatul Kubra fi Qisshatil Israa’.
Arba’una Hadisan min Riwayati Malik ‘an Naafi’ ‘an Ibni Umar.
Fahrasatul Marwiyaat.
Buhgyatur Raa-id fid Dzaili ‘ala Majma’iz Zawaa-id.
Azhaarul Ahaakam fi akhbaaril Ahkam.
Al- Hibatus saniyah fil-Hai-atis Sunniyah.
101. Takhriju Ahaadisi Syarhil ‘Aqaa-id.
102. Fadl-lul jalad.
103. Al-Kalam ‘ala hadisi Ibni Abbas: Ihfadhilaha Yah-Fadlka.
104. Arba’uuna Hadisan Fadl-lil Jihad.
105. Arba’uuna Hadisan Raf’il Yadaini fid Du’a.
106. At- ta’rif bi Adaabit Ta’lif.
107. Al- ‘Isyaariyat
108. Al-Qaulul Asybah fi Haditsi Man‘Arafa Nafsah Fa-qad ‘Arafa Rabbah
109. Kasyfun naqaabi ‘anil al-qab.
110. Nasyrul ‘Abir fi takhriji Ahaaditsis Syarhil Kabir.
111. Man Waafaqa Kun-yatuhu kun-yata zaujatihi minash Shahabah.
112. Dzammu Ziyaaratil Umaraa.
113. Zawaa-idu Nawaadiril Ushul lil Hakim at-tirmizi.
C. 3. Dalam Ilmu Fiqh.
114. Haasyiyah ala al-Raudhah.
115. Mukhtsharu al-Raudhah wasmuhul Qinyah.
116. Mukhtasharut Tanbih wa yusammal wafi
117. Al-Asybah wannadhaair (الاشباه والنظا ئر )
118. Al-Lawaami’u wal bawaariqu fil Jawaami’I wal-Fawaariqi
119. Nadmu ar- Raudhah wasmuhu al-Khulashah.
120. Syarhu an-Nadmi as-Saabiqi wa yusamma raf’u al-Khashaashah
121. Al-Waraqatu al-Muqaddamah: Syarhu raudhah.
122. Haasyiyah ala al-Qith’ah lil asnawi.
123. Al-‘azbu as-salsalu fi Tashhihil khilafil Mursali.
124. Jam’ul jawaami’
125. Al-Yanbu’ fima Zaada alar Raudhah minal furuu’
126. Mukhtashar al-Khadim, bernama: Tahsinul Qadim.
127. Tasyniful Asmaa’ bimasaa-ilil Ijmaa’i
128. Syarhu at-tadriibil kaafii fi zawaa-idi al-muhazzhabi alal waafi
129. Al- jaami’ fil faraa-idl.
130. Syarhu ar-Rahbiyah fil Faraa-idl
131. Mukhtashar al-Ahkaam as-Sultaniah lil Mawardi.
C. 4. Dalam Ilmu Bahasa Arab
132. Syarhu al-Fiyah ibni Malik,: Al-Bahjatul Midlyah fi Syarhi Alfiyah
133. Alfyah fin-Nahwi was- Sharfi wal khath, namanya al-Faridah
134. An-Nukat alal Alfiyah wal kafiyah was Syaafiyah was Syudhur..
135. Al-Fathul Qariib ala Mughnil Labib.
136. yarhu Syawaahidil Mughni.
137. Jam’ul Jawaami’i.
138. Syarhul jam’il jawaami’is saabiqi wasmuhu Ham’ul hawaami’i.
139. Syarhu milhatil ‘Iraabi.
140. Mukhtasharul milhatul ‘Iraabi.
141. Mukhtasharu alfiyyati wadaqaaiquha.
142. Al-akhbaarul marwiyyatu fi sababi wad’il ‘Arabiyyah.
143. Al-Masha’idul ‘aliyah fil-Qawaa’idin Nahwiyyah.
144. Al-Iqtiraahu fi Ushulin Nahwi wajadalih.
145. Raf’us sinnati fi Nashbiz Zinah.
146. As- Syam’atul Mudhiyyah.
147. Syarhu kaafiyati Ibni maalikin.
148. Durrut Taaji fi-‘Iraabi musykilil minhaaj.
149. Risalah fi Mas-alah dharabii Zaidun Qaaiman.
150. As-Silsilah Al-Muwasyakhah.
151. As-Syahdu.
152. Syadzal ‘Arfi fi Isbaatil Ma’naa bil Harf.
153. At-Tausyih ‘Alat Taudhih.
154. As-Saifus Shaqiil: haasyiah ‘ala Syarhi ibni ‘aqiil.
155. Haasyiyah ‘ala syarhi sudzurid Dzahabi li ibni Hisyam.
156. Syarhul Qashiidatil kaafiyah fi fannit Tashriifi.
157. Qathrun Nada fi Wuruudil Hamzah fin Nidaa-i.
158. Syarhu tashriifil ‘Izzi.
159. Syarhu Dharuriyyit tashriifi li Ibni Maalik.
160. Ta’riful ‘Ajami bihurufil mu’jami.
161. Nukatun ‘ala Syarhisy syawaahidi lil’aini.
162. Fajru tsamdi fi ‘Iraabi Akmalil Hamdi.
163. Az-Zandul wariyyu fil Jawaabi ‘Alaal-Su’aalis Sakandariyyu.
164. Syarhu lam’ah al-Isyraaq.
165. Nukatun ala al-Talhiishi: Wasmuhu al-Ifshaah.
166. ‘Uqudul Jumaan: fil-Ma’anii wal bayaan.
167. Syarhu ‘Uqudil Jumaan.
168. Syarhu Abyaati talkhishilMiftaah.
169. Mukhtashar talkhishil Miftaah.
170. Nuqatun ‘ala Hasyiyatil mutthawwal.
171. Haasyiyah ala Syarhi sa’did diinit taftazaani al-Mukhtashari.
C. 5. Dalam Ilmu Ushul dan Tasawwuf
172. Al-kaukabus Saathi’u fi Nazdmi jam’il jawaami’i.
173. Syarhul kaukab.
174. Syarhul kaukabil waqqaadi: fil ‘Itiqaad
175. Al-Badi’iyyah: Fi Ta’yiidil haqiqqatil ‘Aliyyah.
176. Tasy-yidul Arkaan fi laisa fil Imkaan Abda’ mimmaa kanaa.
177. Durajul Ma’aali fi laisa fil Nushratil Ghazali alal Munkiril Mutaghaali.
178. Al- Khabarud Daal ‘ala Wujuudil Quthbi wal Autaad
179. Mukhtashar ihyaa Ulumuddin lil ghazali.
180. Al-Ma’anid Daqiqah fi Idraakil Haqiqah.
181. Syawaaridul Fawaa-id.
182. Qalaa-idul Fawaa-id
183. Nadhmut Tazkirah, namanya: Al-Falakul Masyhun.
C. 6. Dalam Ilmu Sejarah dan kebudayaan.
184. Thabaqaatul Huffadh.
185. Thabaqatun Nuhaat al-Kubraa wal wustha was Shughra
186. Thabaqatul Mufassiriin.
187. Thabaqatul Ushuliyin.
188. Thabaqatul Kuttaab.
189. Hilyatul Auliyaa’
190. Thabaqaatul Syu’araail ‘Arabi
191. Tarikhul Khulafaa’
192. Husnul Muhadharah fi Tarikhi Mishra wal Qahirah.
193. Tariikhu Asyuth.
194. Haathibu lail wa jaarifu sail. Kumpulan riwayat hidup gurunya.
195. Al-Mu’jamus Shaghir.
196. Tarjamah An Nawawi.
197. Tarjamah Al-Bulqini
198. Al-Multaqathu min ad-Duraril kaminah li ibni hajar.
199. Taarikh Al-‘umr
200. An-nafatul Miskiyah wat tuhfatul Makiyah.
201. Durarul kalim wa ghurarul Hikami.
202. Diwaanul Khuthab.
203. Diwaan Syi’ir.
204. Al-Maqaamat.
205. Ar-Rihlatul Faiyumiyah.
206. Ar-rihlatul Makiyah.
207. Ar-rihlah Ad Dimyaathiyyah.
208. Ar-Rasaail ila ma’rifatil Awaa-il.
209. Mukhtashar Mu’jamil Buldaani liyaaqut.
210. As- Syamaarikh fi Ilmit Tarikh.
211. Al-Jamaanah. Buku yang memuat arti kata-kata yang banyak dipakai.
212. Al-Munaa fil kunaa.
213. Fadl-lus Syitaa.
214. Mukhtashar tahdzibil Asmaa-I wal lughaati lin Nawawi.
215. Al-Ajbiwatuz Zakiyah ‘alal Alghaazil Makiyah.
216. Raf’u Sya’-nil Hubsyan.
217. Tuhfatul Madzaakir fi Mukhtashar Ibni ‘asaakir.
218. Syarah Baanat Su’aad.
219. Tuhfatud Dhurafaa li Asmaa-il khulafaa-i.
220. Mukhtashar Syifaa-il ‘Alil fi dhammis Shahibi wal khalil.
D. Pandangan Ulama terhadap Imam As-Suyuthi.
Syekh Muhammad Naashiruddin al-Bani yang merupakan salah satu ulama kritikus Hadis Dia sangat memperhitungkan keilmuan yang dimiliki oleh Imum As-Sayuti sehingga Hadis Rasulullah yang dikumpulkan dalam kitab Majmu’ Shaghir kepunyaan Imam As-Sayuthi di tashahih juga oleh Al-bani dalam kitabnya Shahih al-Jaami’As-shaghir wa Ziadatih,[6]sekalipun Nashiruddin Albani ketika meneliti hadis yang telah di nyatakan sahih atau hasan oleh as-Sayuti namun menurutnya digolongkan kedalam Hadis yang dhaif bahkan yang maudhu’(Palsu) Itu bukanlah berarti Al-Bani lebih Alim dari As-Suythi, namun ini hanya berhubungan dengan metode yang di pergunakan oleh al-Bani sangat ketat (Mutasyaddid) di bandingkan dengan As-Suyuthi.
E. Kesimpulan
Nama lengkap Imam As-Suyuthi (السيوطي جلال الدين) adalah Abdurrahman bin Kamaluddin Abi Bakr Bin Muhammad bin Sabiquddin, Jalaluddin al- misri as-Suyuthi. wafat pada tahun 911 H / 1505 M, bermazhab Syafi’I.
Pada usia 40 tahun As-Suyuthi sudah bekecimpung dalam tulisan karya Ilmiah, adapun buku yang ditulisnya kurang lebih 600 judul sedangkan yang terdata dalam makalah ini berdasarkan sumber yang ada sebanyak 220 judul buku, salah satu karya Ilmiyah yang nyata dan banyak Ulama Indonesia beramal dengan buku tersebut adalah kitab Fiqih Asybah Wan-Nadhairyang didalamnya memuat kaedah yang lima yaitu: الامور بمقا صدها, اليقين لا يزال بالشكّ, المشقة تجلب التيسير
الضرر يزال, العادة محكمة. Yang semua Qaidah tersebut adalah sebagai patron persoalan fiqh karena semua persoalan manusia yang berhubungan dengan hukum akan dijawab oleh fiqh berdasarkan perbandingan Alqur’an dan Hadis.
Dengan mengenal biografi As-Suyuthi semoga termotivasi bagi pencari Ilmu untuk belajar lebih yakin dan Ikhlas hanya semata-mata untuk meraih Ridha Allah Swt, semua karya ilmiahnya diikhlaskan dan di izinkan untuk diperbanyak bagi umat, karena belajar dan menulis As-Suyuthi bukanlah untuk mengharap jadi Guru bersar dan orang besar.
F. Referensi
Dalam makalah ini hanya satu Buku referensi yang dipergunakan yaitu buku Terjemahan Al-Jami’ush Shaghir Jilid I yang ditulis oleh H. Nadjih Ahjad yang diterbitkan oleh PT. Bina Ilmu di Surabaya tahun 1995
Komentar
Posting Komentar