RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BAKAT DAN MINAT SISWA
Youtube.com/bolonzzzduhasimbolon
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
Nama Sekolah : MTs N 2 MEDAN
Kelas / Semester : VII / Genap
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Tempat : Ruang Kelas
Jenis layanan : Informasi
Bidang Bimbingan : Karir
Rumusan Kompetensi : Siswa Memahami Bakat Dan Minat Yang Ia Miliki
Tujuan/ Harapan /Indikator
A : Siswa dapat diharapakan mampu mengenali minat dan bakatnya, serta berupaya untuk mengembangkannya
B : Siswa dapat terampil mengembangkan minat dan bakat yang ia miliki di dalam kelas maupun diluar kelas
Karakteristik Yg Dikembangkan : Disiplin, Jujur dan Bertanggung Jawab
Langkah – Langkah
A. Pertemuan I
1) Pendahuluan :
• Salam Pembukaan, Berdo’a, Perkenalan dan Mengabsen
• Tujuan dari materi keterampilan belajar ini adalah siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang ia miliki, didalam kelas dan diluar kelas serta terampil dalam belajar
2) Inti :
Mengamati
• Siswa membaca Sumber dari buku (Mengamati Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur dan Mengamati Proses didalam buku).
• Siswa Mendengarkan bacaan keterampilan belajar mengembangkan minat dan bakat yang ia miliki didalam kelas dan diluar kelas, Konsep, Prinsip, Prosedur, dan Prosesnya dari Narasumber
• Siswa melihat tayangan Vidio bakat dan minat
• Siswa melihat demonstrasi bakat dan minat
Menanya
• Siswa menanyakan Penjelasan tambahan terhadap Informasi yang didapat dari Proses mengamati
• Siswa mencari penjelasan tambahan tentang fenomena-fenomena yang tidak diketahuinya dalam langkah mengamati Objec
• Siswa mencari penjelasan tambahan sendiri berdasarkan Informasi kegiatan Mengamati
• Siswa mengklarifikasi Informasi yang didapatinya
Mengeksplorasi
• Siswa melakukan Eksperimen
• Siswa membawa sumber lain
• Siswa mengamati Objec/Kejadian/Aktivitas
• Siswa mengakses Internet
Mengasosiasi
• Siswa menganalisis data
• Siswa membuat Kategori
• Siswa mengelompokkan
• Siswa menyimpulkan dan memperbaiki dengan memanfaatkan lembar kerja diskusi atau praktik
Mengkomunikasikan
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk Bagan
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk Diagram
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk grafik
• Siswa menyusun Laporan tertulis dan Menyajikan laporan meliputi Proses, hasil dan kemampuan secara lisan
Tanya Jawab mengenai materi Bakat Dan Minat
3) Penutup
• Kesimpulan tentang Materi bakat dan minat
• Pemberian Pesan
B. Pertemuan II
1. Pendahuluan :
• Salam Pembukaan, Berdo’a, Perkenalan dan Mengabsen
• Memberitahu tujuan Pemberian layanan dan tujuan dari materi bakat dan minat
2. Inti :
Mengamati
• Siswa membaca Sumber dari buku (Mengamati Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur dan Mengamati Proses didalam buku).
• Siswa Mendengarkan pembacaan materi bakat dan minat
• Siswa melihat tayangan Vidio tentang bakat dan minat
• Siswa Mendemonstrasikan keterampilan bakat dan minat
Menanya
• Siswa menanyakan Penjelasan tambahan terhadap Informasi yang didapat dari Proses mengamati
• Siswa mencari penjelasan tambahan sendiri berdasarkan informasi hasil kegiatan mengamati
• Siswa menanyakan fenomena-fenomena yang tidak diketahuinya dalam langkah kegiatan mengamati
• Siswa mengklarifikasi Informasi yang didapatinya dari tahap mengamati
Mengeksplorasi
• Siswa melakukan Eksperimen
• Siswa membawa sumber lain
• Siswa mengamati Objec/Kejadian/Aktivitas
• Siswa mewawancarai Narasumber
Mengasosiasi
• Siswa mengakses internet
• Siswa menganalisis data
• Siswa membuat kategori dan mengelompokkan
Mengkomunikasikan
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk Bagan
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk Diagram
• Siswa menyajikan laporan dalam bentuk grafik
• Siswa menyusun Laporan tertulis dan Menyajikan laporan secara lisan
Tanya Jawab mengenai materi Bakat Dan Minat dan Refleksi
3. Penutup
• Kesimpulan tentang Materi Bakat Dan Minat
• Pemberian Pesan
Kegiatan Pendukung
a. Format Lisan
b. Himpunan Data
Alat Bantu
a. Modul BK
b. Internet, Laptop, Infokus
Bentuk Penilaian
LAISEG : Menanyakan Pemahaman Siswa Mengenai Materi
Mengetahui Medan, 2016
Kepala Sekolah Guru BK
Drs. Musiao, MA Hj. Erlinari, S.Pd
Nip: 199612311999031015 Nip: 196503042003122001
MATERI LAYANAN
MINAT DAN BAKAT
Sejak kecil sering anda ditanya oleh orang tua, guru atau siapa saja “nanti kalau sudah besar mau menjadi apa?” lalu anda menjawab “mau jadi dokter” mau jadi pilot dan sebagainya. Pokoknya macam-macam.
Ada 3 hal yang perlu anda ketahui, yakni:
1. Kemampuan
Bahasa kerennya kompetensi, yaitu menunjukkan kemampuan yang dimiliki (benar-benar bisa untuk mengerjakan)
Contoh: A memiliki kemampuan untuk bermain catur, maka A akan menunjukkan bahwa ia benar-benar mampu bermain catur, mengetahui peraturan-peraturan yang dipergunakan walaupun A harus kalah dalam pertandingan. Begitu juga dalam mengikuti pelajaran apabil mampu harus menunjukkan nilai yang baik
2. Minat
Merupakan kecendrungan terhadap sesuatu atau merupakan keinginan terhdap suatu hal. Minat biasanya ditandai dengan berbagai usaha untuk memperolehnya
Contoh: B berminat terhadap mata pelajaran matematika maka ia akan berusaha dengan tekun mempelajari matematika, B juga berminat pada olah raga basket, maka ia akan berupaya sebaik mungkin untuk berlatih basket.
3. Bakat
Merupakan kemampuan yang berasal dari faktor bawaan, walupun baru sedikit berlatih atau sedikit belajar, ia akan dengan mudah mengerti dan mampu melaksanakan/mengerjakan. Untuk mengetahui bakat akademik anda dapat mengikuti tes Differential Aptitude Tes (DAT) atau tes bakat berganda, yang dirancang untuk mengetahui kecendrungan kemampuan akademik seseorang. Bakat yang diketahui melalui DAT ini meliputi:
a. Verbal
Untuk melihat seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide dan konsep-konsep, dan seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahakan masalah dalam bentuk kata-kata.
b. Numerik
Untuk melihat seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide dan konsep-konsep, dan seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah dalam bentuk angka-angka.
c. Skolastik
Gabungan antara kemampuan berpikir verbal dan numeric, kombinasi skor keduanya menjadi penduga yang baik bagi penyelesaian tugas-tugas dalam matapelajaran di sekolah
d. Abstrak
Untuk mengetahui seberapa baik dan mudah, seseorang memecahkan masalah-masalah dengan menggunakan diagram, pola atau rencana, disajikan dalam arti ukuran, bentuk dan posisi
e. Relasi Ruang
Seberapa baik seseorang dapat memvisualisasikan, mengamati, membentuk gamabaran mental dari obyek-obyek dengan melihat pola dua dimensi dan berpikir dalam tiga dimensi,
f. Mekanik
Untuk mengethaui seberapa mudah seseorang memahami prinsip-prinsip umum ilmu pengetahuan alam dan seberapa baik seseorang mengerti tata kerja dalam perkakas sederhana, mesin, dan peralatan lainnya
g. Kecepatan, Ketelitian dan Klerikal
Untuk mengetahui seberapa cepat dan teliti, seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas menulis, pelayanan pemukuan, ramu meramu yang diperlukan di kantor, laboratorium, perusahaan, dagang, dimana percatatan harus diatur, disimpan, dan atau dicek.
h. Kemampuan bahasa Indonsia
Untuk mengetahui seberapa baik penertian dan keterampilan seseorang mengenal ejaan yang betul dan salah dalam bahasa Indonesia, dan seberapa tinggi kosa- kata, kepekaan dan kelancaran berbahasa seseorang dalam bahasa Indonesia.
i. Kemampuan bahasa Asing
Untuk mengetahui seberapa baik seseorang mempunyai kemampuan mendengarkan, berbicara, dan membuat penalaran nalitis tentang bahasa.
Komentar
Posting Komentar