RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (RPL)

Please subscribe ya sobat youtube.com/bolonzzzduhasimbolon


FORMAT KLASIKAL TERJADWAL


I. IDENTITAS


A. Satuan Pendidikan :MAN 1 PADANGSIDIMPUAN

B. Tahun Ajaran :2016/2017

C. Sasaran Pelayanan :Kelas X

D. Pelaksanaan :dunjana

E. Pihak Terkait :Wali Kelas




II. WAKTU DAN TEMPAT


A. Tanggal :16 april 2016

B. Jam Pembelajaran/pelayanan :1x40 menit (2xpertemuan)

C. Volume Waktu (JP) :Masing-Masing kelas X (sepuluh) JP (1 x 40 menit)

D. Spesifikasi Tempat Belajar :Lapangan




III. MATERI PEMBELAJARAN


A. Tema/Subtema : 1.Tema :mengenal lingkungan sekolah baru

2.Subtema :Orientasi Siswa baru (MOS)

B. Sumber Materi:




IV. TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN


A. Pengembangan KES:

1. Siswa memahami keadaan dan fasilitas yang ada di sekolah pada saat layanan orientasi berlangsung MAN 1 PADANGSIDIMPUAN

2. Siswa dapat mengetahui fasilitas-fasilitas atau sarana/prasarana yang ada di sekolah pemanfaatannya pada saat layanan orientasi .

B. Penanganan KES-T:

1. Untuk mencegah ketidaktahuan tentang suasana lingkungan baru yg ada di sekitar sekolah siswa tersebut.

2. Untuk tidak menyalah gunakan perpustakaan dan fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di sekolah 

V. JENIS LAYANAN DAN KEGIATAN PENDUKUNG


A.Jenis Layanan :Layanan orientasi format klasikal

B.Kegiatan Pendukung :Aplikasi instrumentasi 

VI. SARANA

A.Media :power point,infocus

B.Pelengkapan : -




VII. SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN


Diperolehnya hal-hal baru tentang lingkungan sekolah dan fasilitas dan sarana prasaran di sekolah baru siswa tersebut.

A. KES

1. Acuan (A):yaitu tentang pentingnya mengenal tentang lingkungan baru sekolah dan sarana/prasarana dan penggunannya.

2. Kompetensi (K):yaitu apa yang perlu di kenalkan kepada siswa baru tentang sarana/prasarana baru di sekolah .

3. Usaha (U):yaitu usaha peserta didik untuk mampu menjalani program pengenalan lingkungan sekolah baik sarana/prasarana di sekolah.

4. Rasa (R):bagaimana perasaan peserta didik setelah mengenal lingkungan baru di sekolah tersebut.

5. Sungguh-sungguh (S):sungguh-sungguh peserta didik menjalankan dengan baik sarana/prasaran yang ada di sekolah 

B.KES-T 

1. Merusak sarana/prasarana di sekolah

2. Menyalah gunakan fasilitas di sekolah,baik itu kursi,meja,atau perpustakaan dan dll.

C.Ridho Tuhan,Bersyukur,Ikhlas dan Tabah:

Memohon ridho Allah SWT untuk mencapai apa yang diinginkan data pelayanan ini dan dapat memanfaatkannya secara optimal.

VIII. LANGKAH KEGIATAN


A.LANGKAH PENGANTARAN (waktu 5 menit)

1. Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa,(harus terlihat).

2. Menjalin Hubungan dengan Siswa.

3. Mengecek Kehadiran Siswa.

4. Menjelaskan tujuan dan manfaat layanan.

5. Menjelaskan tujuan pelayanan.

B.LANGKAH-LANGKAH PENJAJAKAN (waktu 15 menit)

1. Menanyakan kepada peserta didik siapa yang sudah tahu dan paham tentang materi dan tujuan orientasi terebut..

2. Melalui penampilan presentasi power point ( di papan tulis )yang didalamnya terdapat apa yang di maksud dengan orientasi tentang fasilitas dan sarana/prasarana di sekitar sekolah,dan meminta respon peserta didik untuk menyebutkan di layanan orientasi tersebut.

C.LANGKAH PENAFSIRAN (Waktu 10 menit)

1. Penanyangan video tentang lingkurang sekolah baik sarana dan prasarana .

2. Apa yang di dapat oleh peserta didik oleh pelayanan BK yang sedang dia tanyangkan.

3. Apa tindakan peserta didik setelah mendapatkan layanan orientasi sarana dan prasaran dan fasilitas di dalam sekolah.

D.LANGKAH PEMBINAAN (Waktu 5 menit)

1. Peserta didik di minta untuk melihat diri sendiri apakah sudah paham tentang lingkungan sekolah(mos)/(bertindak)

2. Siswa di ajak untuk menuliskan komitmen di buku masing-masing ( bertanggung jawab).

 Kapan :waktu untuk melaksanakan kegiatan orientasi /mengenal lingkungan sekolah pada hari SENEN 11 april 2016

 Dimana: di lapangan/AULA

 Mata pelajaran:pada mepel apa kegiatan penyesuaian orientasi dan mengenal fasilitas / sarana prasarana di sekolah.

E.LANGKAH-LANGKAH TINDAK LANJUT (Waktu 5 menit)

1. Penilaian hasil (BMB3)

a. (berpikir):menjelaskan ke pada siswa tentang peran dan fungsi BK 

b. (merasa):siswa merasa senang dengan keberadaan peran dan fungsi BK di sekolah.

c. (bersikap):siswa dapat bersikap antusias dengan pelayanan BK di sekolah.

d. (berbuat):siswa berpartisifasi dengan aktip terhadap kegiatan layanan BK .

e. (bertanggung jawab):siswa mengikuti setiap kegiatan dengan semua konsekwensi yang ada.

2. Penilaian proses

Melalui pengamatan oleh guru BK dan bantuan dari para guru yang dilakukan penilaian proses pemberian layanan untuk memperolah gambaran tentang aktivitas peserta didik dan efektifitas pembelajaran/pelayanan dan fasilitas-fasilitas diharapkan agar siswa dan siswi MAN 1 PADANGSIDIMPUAN agar bisa memanfaatkan/mempergunakannya dengan sebaik mungkin.



Medan ,16 April 2016

Guru BK atau konselor




dunjana melami

1302080088

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat-syarat al-Jarh dan al-Ta’dil

Tafsir bi al-ra`yi al-madzmum,

mimpi Habib Umar bin hafidz, pertanda apa?