Pencarian Hadis Pada Sumber Asli
Pencarian Hadis Pada Sumber Asli.
Ketika pencaharian hadist dilakukan melalu kata fara«a di dalam kitab al-Mu’jam al-Mufahras, kami mendapatkan beberapa hadis. Setelah diseleksi, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
¢a¥³¥ al-Bukh±r³:
1. Pada juz I, kitab: zakat; bab: kewajiban zakat fitri; no.: 1407.[1]
2. Pada kitab: zakat bab: zakat fitri bagi orang-orang muslim, no. hadis: 1408.[2]
3. Pada kitab: zakat, pada bab: sedekah fitri atas orang yang bebas maupun hamba, no. hadis: 1415. yang berbunyi:
حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ فَرَضَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ أَوْ قَالَ رَمَضَانَ عَلَى الذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوكِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ فَعَدَلَ النَّاسُ بِهِ نِصْفَ صَاعٍ مِنْ بُرٍّ [3]
4. Pada kitab: zakat, bab: sedekah fitri atas orang dewasa maupun anak kecil, no. hadis: 1416.[4]
¢a¥³¥ Muslim
1. Pada juz 7, kitab: zakat; bab: zakat fitri atas kaum muslimin dari tamar dan gandum; no.: 1735, yang berbunyi:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَا حَدَّثَنَا مَالِكٌ و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَاللَّفْظُ لَهُ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ[5]
- kitab: zakat; bab: zakat fitri atas kaum muslimin dari tamar dan gandum; no.: 1636.
- kitab: zakat; bab: zakat fitri atas kaum muslimin dari tamar dan gandum; no.: 1637.
- kitab: zakat; bab: zakat fitri atas kaum muslimin dari tamar dan gandum; no.: 1639.
Sunan at-Tirm³©³
1. juz II, Kitab: zakat dari Rasulullah saw., bab: tentang zakat fitri, no. hadis: 611.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ عَلَى الذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوكِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ [6]
- Kitab: zakat dari Rasulullah saw., bab: tentang zakat fitri, no. hadis: 612.
Sunan an-Nas±‘³
1. juz. V, Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 1562.
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ وَهُوَ ابْنُ هَارُونَ قَالَ أَنْبَأَنَا حُمَيْدٌ عَنْ الْحَسَنِ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ خَطَبَ بِالْبَصْرَةِ فَقَالَ أَدُّوا زَكَاةَ صَوْمِكُمْ فَجَعَلَ النَّاسُ يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ فَقَالَ مَنْ هَاهُنَا مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قُومُوا إِلَى إِخْوَانِكُمْ فَعَلِّمُوهُمْ فَإِنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ عَلَى الصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ وَالْحُرِّ وَالْعَبْدِ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى نِصْفَ صَاعٍ مِنْ بُرٍّ أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ شَعِير[7]
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2453.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2454.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2455.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2456.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2457.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2458.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2464.
- Kitab: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 2468.
Sunan Ab³ D±ud
1. juz I, kitab: Zakat; bab: berapa yang harus ditunaikan dalam zakat fitri; no.: 1373.
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ وَقَرَأَهُ عَلَيَّ مَالِكٌ أَيْضًا عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ قَالَ فِيهِ فِيمَا قَرَأَهُ عَلَيَّ مَالِكٌ زَكَاةُ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ صَاعٌ مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعٌ مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ:[8]
2. kitab: Zakat; bab: berapa yang harus ditunaikan dalam zakat fitri; no.: 1374.
Sunan Ibni M±jah
1. kitab: minuman, bab: zakat fitri, no. hadis: 1816
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ[9]
- kitab: minuman, bab: zakat fitri, no. hadis: 1817.
Musnad A¥mad
1. juz VI, kitab: musnad Bani Hisy±m, bab: sisa musnad sebelumnya, no.: 3121.
حَدَّثَنَا يَزِيدُ قَالَ أَخْبَرَنَا حُمَيْدٌ عَنْ الْحَسَنِ قَالَ خَطَبَ ابْنُ عَبَّاسٍ فِي النَّاسَ آخِرِ رَمَضَانَ فَقَالَ يَا أَهْلَ الْبَصْرَةِ أَدُّوا زَكَاةَ صَوْمِكُمْ قَالَ فَجَعَلَ النَّاسُ يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ فَقَالَ مَنْ هَاهُنَا مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قُومُوا فَعَلِّمُوا إِخْوَانَكُمْ فَإِنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ صَدَقَةَ رَمَضَانَ نِصْفَ صَاعٍ مِنْ بُرٍّ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى[10]
2. kitab: musnad muktS³r³n min as-shahabah, bab: ‘Abdullah bin ‘Umar, nomor hadis: 4256.
3. kitab: musnad muktS³r³n min as-shahabah, bab: ‘Abdullah bin ‘Umar, nomor hadis: 4927.
4. kitab: musnad muktS³r³n min as-shahabah, bab: ‘Abdullah bin ‘Umar, nomor hadis: 5051.
5. kitab: musnad muktS³r³n min as-shahabah, bab: ‘Abdullah bin ‘Umar, nomor hadis: 5087.
6. kitab: musnad Bani Hisy±m, bab: sisa musnad sebelumnya, no. hadis: 5520.
7. kitab: musnad Bani Hisy±m, bab: sisa musnad sebelumnya, no. hadis: 5937.
Muwa¯¯a’
حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ [11]
Sunan ad-D±r³m³
أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ وَعَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ قِيلَ لِأَبِي مُحَمَّدٍ تَقُولُ بِهِ قَالَ مَالِكٌ كَانَ يَقُولُ بِهِ[12]
C. Al-I’tib±r ( Deskipsi jalur melihat sanad )
Setelah riwayat hadis zakat fitri, sebagaimana diuraikan di atas, berikut ini perlu kami i’tibarkan dengan cara mengkombinasikan antara sanad riwayat yang satu dengan sanadriwayat yang lainnya. Sehingga akan tampak jelas seluruh jalur sanad hadis tersebut, sekaligus akan tergambar pula para perawi den metode yang digunakan dalam periwayatan hadis tersebut dengan jelas. Dengan demikian dapat diketahui apakah ada atau tidak unsur mut±bi’atau Sy±hid pada hadis itu (terlampir).
D. Kritik Sanad.
Hadis di atas, hanya bersumber dari satu sahabat yakni ‘Abdullah bin ‘Umar. Dari N±fi’lah hadis ini kemudian diriwayatkan oleh banyak tabi’in. Pada sub-bab ini, kami akan menguraikan biografi beberapa sanad hadis tersebut.
Sanad: Ab Nu‘m±n-¦amm±d b. Zaid-Ayyb-N±fi’-’Abdullah b. ‘Umar b. Kha¯¯±b-Rasulullah
Ab Nu’m±n
Nama lengkap beliau adalah Mu¥ammad b. Fa«l, kunianya adalah Ab Nu’m±n, beliau juga diberi gelar ‘Arim. Beliau tinggal dan meninggal di Bashrah pada tahun 244 H. beliau merupakan seorang tabi’i kecil.
Diketahui bahwa beliau mendapatkan Hadits dari sembilan orang yakni ¤±bit b. Yaz³d, Jar³r b. ¦±zim, ¦amm±d b. Zaid, ‘Abd W±¥id b. Ziy±d, Mu’tamar b. Sulaim±n, Mahd³ b. Maimn, H±syim b. Basy³r dan Waddah b. ‘Abdullah.
Sedangkan murid yang menerima Hadits dari beliau hanya ada dua orang yaitu ‘Abdullah b. Mu¥ammad yang lebih dikenal dengan Ab Ja’f±r dan Mu¥ammad b. Sal±m b. al-Faraj.
Secara umum beliau dapat dikategorikan dalam kualitas £iqat. Lebih rinci, berikut adalah beberapa kritik ulama tentang beliau: ad-ª±hil³ dan al-‘Ajali mengkategorikan beliau sebagai £iqat; Ab ¦±tim ar-R±z³ dan an-Nas±’³ mengatakan bahwa ia adalah £iqat tapi ikh¯ala¯[13]pada akhir hidupnya; sedangkan ad-D±ruqu¯n³ dan Bukhori mengatakan bahwa beliau adalah £iqat tapi berubah pada akhir hayatnya.[14]
¦amm±d b. Zaid
Nama lengkapnya adalah ¦amm±d b. Zaid b. Dirh±m, nasabnya adalah al-Azadi al-Jah«am³. Kunianya adalah Ab ‘Ism±’³l sedangkan gelarnya adalah al-Azr±q. Beliau tinggal dan wafat di Bashrah pada tahun 179 H. Beliau merupakan salah satu tabi’ al-wus¯±.
Beberapa diantara guru beliau adalah: Azr±q b. Qais, Anas b. S³r³n, Ayyb b. Ab³ Taimiya, ¤±bit b. Aslam, Ja’ad b. Din±r ‘Abb±s b. Furukh dan juga Hisy±m b. ‘Urwah.
Sedangkan murid-murid beliau adalah: A¥mad b. ‘Abd M±lik, ¦am³d b. ‘Umar b. ¦af¡, ¦af¡ b. ‘Umar, Sulaim±n b. ¦arb, ‘Abd Ra¥m±n b. al-Mub±rak, ‘Affan b. Muslim, Qutaibah b. Sa’³d b. Jam³l, Mu¥ammad b. al-Fa«l (Ab Nu’m±n), Ma’l± b. Mansur (Ab Ya’l±).
Pada umumnya kritikus sanad menganggap beliau sebagai orang yang £iqat ¤±bit. [15] Beberapa komentar ulama terhadap beliau adalah:
1. A¥mad b. ¦anb±l mengatakan bahwa beliau adalah salah seorang imam ummat muslimin.
2. Ya¥y± b. Ya¥y± mengatakan bahwa ia tidak pernah bertemu dengan orang yang lebih kuat hafalannya dari pada beliau.
3. Mu¥ammad b. Sa’ad mengakui ke£iqatan dan kehujahan beliau.
4. al-Khall±l mengatakan bahwa beliau adalah £iqat dan disetujui ulama ke£iqatannya.
5. Ibnu ¦ibb±n mengkategorikan beliau dalam kelompok orang-orang yang £iqat, selain itu beliau juga mengatakan bahwa ¦amm±d menghafal seluruh Hadits yang ia riwayatkan.
6. Az-ªahab³ mengatakan bahwa beliau sangat lancar dalam menghafalkan Hadits.
Ayyb b. Ab³ Taimiya Kais±n
Kunianya adalah Ab Bakar, tinggal di Bashrah, tidak disebutkan dimana beliau meninggal pada tahun 131 H.
Beliau berguru N±fi’ hamba ‘Abdullah b. ‘Umar, Mu¥ammad b. S³r³n hamba Anas b. M±lik, ¦asan b. Ab³ ¦usain, ¦af¡ah binti S³r³n, ¦umaid b. Hil±l, Ziy±d b. Fairz, Sa’³d b. J±bir b. Hisy±m, Salm±n hamba Ab Qulabah, ‘Abdullah b. ¦±ri£, ‘Abdullah b. Sa’³d b. J±bir, ‘A¯±’ b. Ab³ Rib±¥, Ikrimah hamba ‘Abdullah b. ‘Abb±s dan ‘Amr b. Sal±mah b. Qais.
Sedangkan beberapa diantara murid beliau adalah: Ibr±him b. Thahhan, ‘Ism±’³l b. Ibr±him, Jar³r b. ¦±zim, ¦±tim b. Wardan, ¦amm±d b. Zaid, ¦amm±d b. Sal±mah, Sufy±n b. Sa’³d, Sufy±n b. ‘Ainiyyah, Sammak b. ‘A¯iyyah, Syu’bah b. ¦ajj±j, ‘Abd Sal±m b. ¦arb, ‘Abdul M±lik b. ‘Abdul ‘Az³z dan Wuhaib b. Kh±lid.
Pada umumnya beliau ini dianggap sebagai orang yang £iqat ¤±bit hujah. Beberapa kritik ulama tentang beliau adalah seperti berikut:[16]
1. Menurut Ya¥y± b. Mu’³n bahwa beliau adalah £iqat.
2. menurut Mu¥ammad b. Sa’ad beliau adalah orang yang £iqat, adil, ¤±bit dan hujah.
3. Menurut an-Nas±’³ beliau adalah £iqat dan ¤±bit.
4. Menurut Ab ¦±tim ar-R±z³ beliau adalah orang yang £iqat tidak dipertanyakan.
5. Sedangkan ad-D±ruqu¯n³ menganggap beliau ini adalah seorang ¥±fi§.
N±fi’
Beliau adalah hamba ‘Abdullah b. ‘Umar b. Kha¯¯±b, nama lengkapnya adalah N±fi’ Ab ‘Abdullah al-Madani.[17]Beliau tinggal di Madinah dan wafat juga di kota tersebut pada tahun 119 H, tapi sebagaian pendapat mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 117 H.
Diantara beberapa guru Haditsnya adalah ‘Abdullah b. ‘Umar, Ab Hurairah, Ab Lub±bah, Ab Sa’³d al-Khu«r³, dan Aisyah. N±fi’ banyak meriwayatkan Hadits dari ‘Abdullah b. ‘Umar, baginya, tuannya ini adalah bagaikan sahabat sekaligus guru Hadits.[18]
Beberapa diantara murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah: Us±mah b. Zaid, ‘Ism±’³l b. Ibr±him (Ab Is¥±q), ‘Ism±’³l b. Umayyah b. ‘Amr, Ayyb b. Ab³ Taimiyah Jar³r b. ¦azm, Juwariah b. Asm±, Sa’³d b. Ab³ Hil±l, ¢±li¥ b. Kis±n, ¬akhkh±r b. Juwairiah, ‘Amr b. N±fi’, Fa«³l b. Qazw³n dan M±lik b. Anas.
Beberapa pernyataan kritikus Hadits tentang beliau adalah:[19]
1. Ya¥y± b. Mu’³n, ‘Ajali, Nas±’³ dan Ibnu Khur±sy³ mengakui ke£iqatan beliau.
2. Ibnu Sa’ad mengatakan bahwa beliau adalah seorang yang banyak meriwayatkan Hadits .
3. Bukhari mengklaim bahwa a¡a¥¥ al-as±n³d adalah N±fi’ dari ‘Abdullah b. ‘Umar
4. menurut al-‘Ajali al-Mad³n³, Ibn Khar±sy³ dan an-Nas±’³ bahwa beliau adalah orang yang £iqat.
Kebersambungan riwayat beliau dengan ‘Abdullah b. ‘Umar adalah hal yang tidak meragukan, karena memang N±fi’ yang sebagai hamba beliau akan sering bertemu dengan beliau.
‘Abdullah b. ‘Umar
Beliau adalah ‘Abdullah b. ‘Umar b. Kha¯¯±b. Beliau dilahirkan tidak berselang lama setelah Mu¥ammad diangkat menjadi rasul. Beliau tinggal dan meninggal di Madinah pada tahun 70 H.[20]
Orang-orang yang meriwayatkan Hadits kepada beliau adalah: Rasulullah saw., ‘Umar b. Kha¯¯±b, Zaid (pamannya), ¦af¡ah (saudarinya), Ab Bakar, ‘U£m±n b. ‘Aff±n, ‘Al³ b. Ab³ °±lib, Sa’³d, ‘Abdullah b. Mas’d dan Aisyah.
Sedangkan murid-murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah (diantaranya): anak-anaknya sendiri, Bil±l, Hamzah, N±fi’, Ubaidullah.
Beliau adalah seorang sahabat Rasulullah saw., yang tingkat ke£iqatannya paling tinggi[21]Beberapa pernyataan kritikus tentang dirinya adalah sebagai berikut:[22]
1. Saudari perempuannya sekaligus istri Rasulullah saw. Pernah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasul berkata bahwa beliau adalah orang yang shaleh.[23]
2. Beliau adalah orang paling £iqat menurut az-Zuhri.
3. Ibnu Zabir mengatakan bahwa beliau adalah orang yang paling ¤±bit.
Tidak diragukan lagi kebersambungan periwayatan beliau dengan Rasulullah saw., karena memang Rasulullah sendiri mengatakan bahwa beliau adalah orang yang shaleh.
Sanad: Mu¥ammad bin R±fi’-Ibnu Ab³ Fudaik-ad-¬a¥¥±k-N±fi’-’Abdullah bin ‘Umar-Rasulullah saw.
Mu¥ammad bin R±fi’
Nama lengkapnya adalah Mu¥ammad bin R±fi’ bin Ab³ Zaid bin Siw±r, seorang tabi’ tabi’in pertengahan. Beliau bernasab al-Qusyair³, kunianya adalah Ab ‘Abdullah, tinggal di Hims dan wafat pada tahun 254 H.
Beliau meriwayatkan hadis dari Is¥±q bin ‘Is±, ‘Ism±’³l bin ‘Amr, ¦amm±d bin Us±mah, Syab±bah bin Siw±r, ‘Abdurrazz±q bin Hisy±m bin R±fi’, ‘Umar bin Sa‘ad, Ibnu Ab³ Fudaik dan sebagainya.
Beliau adalah salah satu guru Imam Muslim.
Mu¥ammad bin R±fi’ dipandang sebagai salah seorang rawi yang £iqat ma’mun seperti yang disebutkan oleh an-Nas±’³.
Ibnu Ab³ Fudaik
Nama lengkap beliau adalah Mu¥ammad bin ‘Ism±’³l bernasab ad-Daili, kunianya Ab ‘Ism±’³l. Beliau tinggal dan wafat di Madinah pada tahun 200 H.
Beliau berguru hadis kepada ad-¬a¥¥±k bin ‘U£m±n, Mu¥ammad bin Abdurra¥m±n, Hisy±m bin Sa‘ad.
Beberapa dari antara murid beliau adalah Mu¥ammad bin R±fi’ dan Marw±n bin ‘Abdullah.
Penilaian ulama bervariasi terhadap beliau, seperti an-Nas±’³ yang menyebutkan la ba’sa bih, Ya¥y± bin Mu’³n menganggapnya sebagai orang yang ¡a«q. Sementara Mu¥ammad bin Sa‘ad menganggap hadis beliau tidak bisa dijadikan hujah.
Ad-¬a¥¥±k
Nama lengkap beliau adalah ad-¬a¥¥±k bin ‘U£m±n bin ‘Abdullah bin Kh±lid. Beliau adalah seorang tabi’i besar bernasab al-Asadi al-Hizami. Kunianya adalah Ab ‘U£m±n, tinggal di Madinah dan wafat pada 153 H.
Beberapa dari guru beliau adalah Ibr±him bin ‘Abdullah bin ¦unain, Bakir bin ‘Abdullah, Zaid bin Aslam, ‘Abdullah bin Din±r, ‘Abdullah bin ‘Urwah, N±fi’, Hisy±m bin ‘Urwah dan sebagainya.
Sedangkan beberapa orang yang meriwayatkan hadis dari beliau adalah Anas bin ‘Iy±«, Zaid bin al-¦ib±b, Sufy±n bin Sa’³d, ‘Abdullah bin ¦±ri£, ‘Abdullah bin Wahb, Mu¥ammad bin ‘Ism±’³l bin Muslim bin Ab³ Fudaik dan sebagainya.
Kebanyakan ulama hadis menganggap beliau sebagai orang yang £iqat, seperti Ya¥y± bin Mu’³n, A¥mad bin ¦anb±l, Ali bin al-Madini dan sebagainya.
E. Nat³jah.
Berdasarkan uraian dan gambaran sanad hadis di atas, dapat dikemukakan beberapa catatan penting sebagi berikut :
- Dari segi kualitas pribadi dan kapasitasnya bahwa seluruh yang terlibat dalam periwayatan hadis tersebut adalah £iqat (ثقة ). Meski ada satu yang da‘if yakni sanad: ‘Abdullah bin ‘Umar-N±fi’-M±lik bin Anas-‘Abdullah (dha’if)-Suraij.
- Dari segi simbol-simbol yang dipergunakan dalan periwayatan hadis tersebut, maka hadis di atas adalah Mu’an’an.
- Seluruh sanadnya dikategorikan bersambung (اتصال السند ).
Daftar Pustaka
Ab D±ud, Sunan Ab³ D±ud, juz I. Mesir: Syarikah Maktabah wa Matba’ah al-Musthafa, 1952.
A¥mad, Musnad A¥mad. Juz VI. Beirut : Daar Jail, t.th.
Bukh±r³, ¢a¥³¥ Bukh±r³, juz I. Kairo: Daar Matabi’ as-Sya’biyah.
D±r³m³, Sunan ad- D±r³m³, juz I. Beirut: Daar Kutub Ilmiah, t.t
¦±tim, Ab Mu¥ammad Abdurra¥m±n b., Kit±b Jar¥ wa at-Ta’dil, juz I. Beirut: Daar Kutub Ilmiyah, t.t.
____________________, Kit±b Jar¥ wa at-Ta’dil, juz V. Beirut : Daar Kutub Ilmiyah, t.t.
____________________, Kit±b Jar¥ wa at-Ta’dil, juz VIII. Beirut : Daar Kutub Ilmiyah, t.t.
Ibnu Hajar al-Asqal±ni, Tah©³b at-Tah©³b, juz I.Beirut: Daar Shadir, 1325.
___________________, Tah©³b at-Tah©³b, juz V.Beirut: Daar Shadir, 1325.
___________________, Tah©³b at-Tah©³b, juz VIII.Beirut: Daar Shadir, 1325.
Ibn M±jah, Sunan Ibn M±jah, dalam Mu¥ammad Fuad ‘Abd al- Qad³r, Maus’ah as-Sunnah al- Kutub as-Sittah wa Syur¥uha. Istambul: Syu’ah Qurat,1992.
M±lik, Muwa¯¯±, juz I. Beirut: Daar Kutub Ilmiah, t.t.
Muslim, ¢a¥³¥ Muslim, juz VII. Mesir: Maktabah, Misriyah, 1924.
Nas±’³, Sunan an-Nas±’³, juz V. Beirut : Daar Fikr, 1978.
Syir±z³, Ab Is¥±q, °ab±q±t al-Fuqah±’. Baghdad : Maktabah Nu’m±n al-A’zhami, 1352.
Tirmidzi, Sunan at-Tirm³©³, juz II. Maktabah wa Syrikah Mu¥ammad Mahmud al-Halabi, t.t.
Yuslem, Nawir, Ulumul Hadits. Jakarta : Mutiara Sumber Widiya, 2001.
[1] Al-Bukh±r³, ¢a¥³¥ Bukh±r³(Kairo: Daar Matabi’ as-Sya’biyah) juz I, Kit±b: zakat; bab: kewajiban zakat fitri; no.: 1407
[2] ibid,bab: zakat fitri bagi orang-orang muslim, no. hadis: 1408.
[3] Ibid, bab: sedekah fitri atas orang yang bebas maupun hamba, no. hadis: 1415.
[4] Ibid, bab: sedekah fitri atas orang dewasa maupun anak kecil, no. hadis: 1416.
[5] Muslim, ¢a¥³¥ Muslim (Mesir: Maktabah, Misriyah, 1924) juz 7, Kit±b: zakat; bab: zakat fitri atas kaum muslimin dari tamar dan gandum; no.: 1735.
[6] At-Tirmidzi, Sunan at-Tirm³©³ (Maktabah wa Syrikah Mu¥ammad Mahmud al-Halabi, t.t.), juz II, Kit±b: zakat dari Rasulullah saw., bab: tentang zakat fitri, no. hadis: 611.
[7] an-Nas±’³, Sunan an-Nas±’³ (Beirut: Daar Fikr, 1978)juz. V, Kit±b: shalat idul fitri dan Adha, bab: anjuran bagi imam untuk membicarakan zakat dalam khutbah, no. hadis: 1562.
[8] Ab D±ud, Sunan Ab³ D±ud (Mesir: Syarikah Maktabah wa Matba’ah al-Musthafa, 1952). juz I, Kit±b: Zakat; bab: berapa yang harus ditunaikan dalam zakat fitri; no.: 1373.
[9] Sunan Ibn M±jah, dalam Mu¥ammad Fuad ‘Abd al- Qad³r, Maus’ah as-Sunnah al- Kutub as-Sittah wa Syur¥uha(Istambul: Syu’ah Qurat,1992), Kit±b: minuman, bab: zakat fitri, no. hadis: 1816
[10] A¥mad, Musnad A¥mad (Beirut : Daar Jail, t.th.) juz VI, Kit±b: musnad Bani Hisy±m, bab: sisa musnad sebelumnya, no.: 3121.
[11] Imam M±lik, Muwa¯¯±’ (Beirut : Daar Kutub Ilmiah, t.t.) juz I, Kit±b: zakat; bab: ukuran zakat fitri; no. 553.
[12] Ad-D±r³m³, Sunan ad-D±r³m³ (Beirut : Daar Kutub Ilmiah, t.t), juz I, Kit±b: Zakat, bab: zakat fitri, no.: 1602.
[13] Istilah ihktalath ini artinya bercampur, baika hafalan matan maupun sanad, biasanya terjadi karena pertambahan usia.
[14] £iqattapi berubah pada akhir hidupnya adalah rawi yang £iqat ketika meriwayatkan hadist tersebut, akan tetapi kemudian ia menajdi tidak £iqat setelahnya karena beberapa faktor.
[15] Ab Mu¥ammad AbdurRa¥m±n b. ¦±tim, Kit±b Jar¥ wa at-Ta’dil (Beirut : Daar Kutub Ilmiyah, t.t), juz 1, h. 137.
[16] Ibnu Hajar al-Asqal±ni, Tah©³b at-Tah©³b (Beirut : Daar Shadir, 1325) juz. 1, h. 347.
[17] Ibnu Hajar, Tah©³b, juz 8, h. 7.
[18] Nawir Yuslem, Ulumul Hadits (Jakarta : Mutiara Sumber Widiya, 2001), h. 428.
[19] Mu¥ammad AbdurRa¥m±n b. ¦±tim, Kit±b Jar¥ wa at-Ta’d³l (Beirut : Daar Kutub Ilmiyah, t.t) juz. 8, h. 451.
[20] Ab Is¥±q as-Syir±z³, °ab±q±t al-Fuqah±’ (Baghdad : Maktabah Nu’m±n al-A’zhami, 1352) h. 19.
[21] Mu¥ammad Abdurra¥m±n b. ¦±tim, Kit±b Jar¥ wa at-Ta’dil (Beirut : Daar Kutub Ilmiyah, t.t) juz. 5, h. 89.
[22] Ibnu Hajar al-Asqalani, Tah©³b at-Tah©³b (Beirut : Daar Shadir, 1325) juz. 5, h. 368.
[23] Nawir Yuslem, Ulumul Hadist, h. 419.
Komentar
Posting Komentar