biografi singkat Abdullah b. Umar
Abdullah b. Umar
Beliau adalah Abdullah b. Umar b. Khattab. Beliau dilahirkan tidak berselang lama setelah Muhammad diangkat menjadi rasul. Beliau tinggal dan meninggal di Madinah pada tahun 70 H.[1]
Orang-orang yang meriwayatkan Hadits kepada beliau adalah: Rasulullah saw., Umar b. Khattab, Zaid (pamannya), Hafshah (saudarinya), Abu Bakar, Utsman b. ‘Affan, Ali b. Abi Thalib, Sa’id, Abdullah b. Mas’ud dan Aisyah.
Sedangkan murid-murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah (diantaranya): anak-anaknya sendiri, Bilal, Hamzah, Nafi’, Ubaidullah.
Beliau adalah seorang sahabat Rasulullah saw., yang tingkat ketsiqotannya paling tinggi[2]Beberapa pernyataan kritikus tentang dirinya adalah sebagai berikut:[3]
1. Saudari perempuannya sekaligus istri Rasulullah saw. Pernah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasul berkata bahwa beliau adalah orang yang shaleh.[4]
2. Beliau adalah orang paling tsiqat menurut az-Zuhri.
3. Ibnu Zabir mengatakan bahwa beliau adalah orang yang paling tsabit.
Tidak diragukan lagi kebersambungan periwayatan beliau dengan Rasulullah saw., karena memang Rasulullah sendiri mengatakan bahwa beliau adalah orang yang shaleh.
Sanad: Musa b. Isma’il-Wuhaib-Hisyam-Urwah b. Zubeir-Hakim b. Hizam-Rasulullah saw,
Musa b. Isma’il
Beliau juga dikenal dengan sebutan Abu Salamah, tinggal dan wafat di Bashrah pada tahun 233 H.
Beliau meriwayatkan Hadits dari beberapa orang, diantaranya adalah: Abban b. Yazid, Ibrahim b. Sa’id, Tsabit b. Yazid, Jarir b. Hazim, Hammad b. Salamah, Juwairiah, Sulaiman b. al-Mughirah, Wuhaib b. Khalid.
Sementara beberapa murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah: Sulaiman b. Harb, Sahl b. Bkar, ‘Affan b. Muslim, Ma’la b. Asad.
Secara umum para kritikus Hadits memberikan predikat tsiqat tsabit.. Beberapa komentar ulama tentang beliau adalah:
1. Tsiqat shaduq menurut Abu Walid at-Thilasi.
2. Tsiqat ma’mun menurt Yahya b. Mu’in.
3. Tsiqat menurut ‘Ajali dan Abu Hatim ar-Razi.
4. Mutqin menurut Ibnu Hibban.
[1] Abu Ishaq as-Syirazi, Tabaqat al-Fuqaha’ (Baghdad: Maktabah Nu’man al-A’zhami, 1352) h. 19.
[2] Muhammad Abdurrahman b. Hatim, Kitab Jarh wa at-Ta’dil (Beirut: Daar Kutub Ilmiyah, t.t) juz. 5, h. 89.
[3] Ibnu Hajar al-Asqolani, Tahdzib at-Tahdzib (Beirut: Daar Shadir, 1325) juz. 5, h. 368.
[4] Nawir Yuslem, Ulumul Hadist, h. 419.
Komentar
Posting Komentar