Keunggulan dan kelemahan Metode Diskusi di kelas
Dalam proses belajar mengajar metode diskusi memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan
Menurut Alma (2008: 53) metode diskusi memiliki keunggulan dalam pembelajaran yaitu:1) Suasana kelas akan hidup. 2) Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan. 3) Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya. 4) Dapat menaikkan prestasi kepribadian individu seperti toleransi, demokratis, kritis,berpikir sistematis, sabar dan sebagainya. 5) Kesimpulan-kesimpulan diskusi mudah dipahami anak karena anak didik mengikuti proses berpikir sebelum sampai kepada kesimpulan. Kelemahan metode diskusi dalam pembelajaran yaitu : 1) Kemungkinan ada anak yang tidak ikut aktif, sehingga bagi anak-anak ini diskusi merupakan kesempatan untuk melepaskan diri dari tanggung jawab. 2) Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas. 3) Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara.
Dari uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa metode diskusi cocok digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa mengungkapkan pendapat. Disamping itu juga, guru dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran agar pelaksanaan diskusi dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai
Forum diskusi dapat diikuti oleh semua siswa dalam kelas, dapat pula
Dibentuk kelompok-kelompok yang lebih kecil. Yang perlu mendapat perhatian adalah hendaknya para siswa dapat berpartisipasi secara aktif di dalam setiap forum diskusi. Semakin banyak siswa terlibat dan mengembangkan pikirannya, semakin banyak pula yang dapat mereka pelajari.
Untuk mengetahui prestasi peserta didik maka dilakukanlah evaluasi yang berarti pengungkapan dan pengukuran hasil belajar, yang bertujuan mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai siswa pada pembelajaran matematika. Dengan demikian hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan guru sebagai alat penetap apakah siswa tersebut kategori cepat, sedang, atau lambat dalam arti suatu kemampuan belajarnya.
Prestasi siswa dapat diukur melalui tes yang diterapkan guru, mengukur hasil belajar siswa, mengukur intelegensinya dan intelektualnya adalah dengan melihat prestasi akademik mereka.
Menurut Davies (dalam www.scribd.com/doc/294/2743/metode diskusi.1998) metode diskusi memiliki prinsip umum yaitu: a) Perumusan masalah atau masalah-masalah yang didiskusikan agar dilakukan bersama-sama dengan siswa. b) Menjelaskan hakikat masalah itu disertai tujuan mengapa masalah tersebut dipilih untuk didiskusikan. c) Pengaturan peran siswa yang meliputi pemberian tanggapan, saran, pendapat, pertanyaan dan jawaban yang timbul untuk memecahkan masalah. d) Memberitahukan tata tertib diskusi. e) Pengarahan pembicaraan agar sesuai dengan tujuan. f) Pemberian bimbingan siswa untuk mengambil kesimpulan.
Berdasarkan pendapat diatas maka dapat dipahami bahwa prinsip umum dari metode diskusi adalah untuk melatih siswa dalam pengaturan peran saat berdiskusi dan dilakukan secara bersama-sama untuk pemecahan suatu masalah.
Komentar
Posting Komentar