biografi singkat Nafi’
Beliau adalah hamba Abdullah b. Umar b. Khattab, nama lengkapnya adalah Nafi’ Abu Abdullah al-Madani.Beliau tinggal di Madinah dan wafat juga di kota tersebut pada tahun 119 H, tapi sebagaian pendapat mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 117 H.
Diantara beberapa guru Haditsnya adalah Abdullah b. Umar, Abu Hurairoh, Abu Lubabah, Abu Sa’id al-Khudri, dan Aisyah. Nafi’ banyak meriwayatkan Hadits dari Abdullah b. Umar, baginya, tuannya ini adalah bagaikan sahabat sekaligus guru Hadits.
Beberapa diantara murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah: Usamah b. Zaid, Isma’il b. Ibrahim (Abu Ishaq), Isma’il b. Umayyah b. Amr, Ayyub b.Abi Taimiyah Jarir b. Hazm, Juwariah b. Asma, Sa’id b. Abi Hilal, Shaleh b. Kisan, Dhakhar b. Juwairiah, Amr b. Nafi’, Fadhil b. Qazwen dan Malik b. Anas.
Beberapa pernyataan kritikus Hadits tentang beliau adalah:
1. Yahya b. Mu’in, ‘Ajali, Nasa’I dan Ibnu Khurosy mengakui ketsiqotan beliau.
2. Ibnu Sa’ad mengatakan bahwa beliau adalah seorang yang banyak meriwayatkan Hadits .
3. Bukhori mengklaim bahwa ashahh al-asanid adalah Nafi’ dari Abdullah b. Umar
4. menurut al-‘Ajali al-Madini, Ibn Kharasy dan an-Nasa’i bahwa beliau adalah orang yang tsiqot.
Kebersambungan riwayat beliau dengan Abdullah b. Umar adalah hal yang tidak meragukan, karena memang Nafi’ yang sebagai hamba beliau akan sering bertemu dengan beliau.
Diantara beberapa guru Haditsnya adalah Abdullah b. Umar, Abu Hurairoh, Abu Lubabah, Abu Sa’id al-Khudri, dan Aisyah. Nafi’ banyak meriwayatkan Hadits dari Abdullah b. Umar, baginya, tuannya ini adalah bagaikan sahabat sekaligus guru Hadits.
Beberapa diantara murid yang meriwayatkan Hadits dari beliau adalah: Usamah b. Zaid, Isma’il b. Ibrahim (Abu Ishaq), Isma’il b. Umayyah b. Amr, Ayyub b.Abi Taimiyah Jarir b. Hazm, Juwariah b. Asma, Sa’id b. Abi Hilal, Shaleh b. Kisan, Dhakhar b. Juwairiah, Amr b. Nafi’, Fadhil b. Qazwen dan Malik b. Anas.
Beberapa pernyataan kritikus Hadits tentang beliau adalah:
1. Yahya b. Mu’in, ‘Ajali, Nasa’I dan Ibnu Khurosy mengakui ketsiqotan beliau.
2. Ibnu Sa’ad mengatakan bahwa beliau adalah seorang yang banyak meriwayatkan Hadits .
3. Bukhori mengklaim bahwa ashahh al-asanid adalah Nafi’ dari Abdullah b. Umar
4. menurut al-‘Ajali al-Madini, Ibn Kharasy dan an-Nasa’i bahwa beliau adalah orang yang tsiqot.
Kebersambungan riwayat beliau dengan Abdullah b. Umar adalah hal yang tidak meragukan, karena memang Nafi’ yang sebagai hamba beliau akan sering bertemu dengan beliau.
Komentar
Posting Komentar